Senin, 26 Maret 2012

8 Tragedi Paling Mengenaskan dalam sejarah


      Tragedi dan musibah tidak pernah bisa ditebak oleh manusia. Kadang tragedi datang disaat kita akan bisa menikmati indahnya hidup. Seperti tragedi dalam sejarah manusia menurut penelitian admin yang akan kita bahas berikut ini. Baik itu tragedi kemanusiaan, tragedi kecelakaan maupun musibah alam. Semoga bisa jadi referensi bagi sobat super supaya take care yourself dan menyadari bahwa... hidup ini hanya sementara...

  1. Tragedi Bandara Tenerife

         kabar pertama datang dari dunia transportasi nih sobat super. Bencana bandara Tenerife terjadi pada tanggal 27 Maret 1977, ketika dua Boeing 747 bertabrakan di landasan pacu Bandara Los rodeo (sekarang dikenal sebagai Bandara Tenerife Utara) di pulau Tenerife Spanyol, salah satu Canary Kepulauan. Dengan total 583 kematian, kecelakaan itu adalah kecelakaan yang paling mematikan dalam sejarah penerbangan.

        Laporan awal menunjukkan sebuah Boeing 747, milik maskapai penerbangan KLM Belanda nasional, dan 747 Pan American bepergian dari Los Angeles ke Las Palmas terlibat dalam kecelakaan. Tidak ada satupun yang selamat dari pesawat Belanda yang membawa 249 penumpang termasuk kru, dan pesawat The Pan-Am adalah pesawat sewaan yang membawa 16 awak dan 378 penumpang dan dikatakan sekitar 60 korban tewas, sebagian dari mereka yang tersisa luka berat.


  2. Tragedi Genosida Armenia

         Tragedi ini mungkin luput dari pengamatan sejarah sobat super sekalian. Genosida Armenia menandai adanya genosida pertama di abad ke-20 yang mengakibatkan jutaan orang-orang Armenia tewas dibantai oleh Turki Ottoman dan hingga saat ini Turki belum mau mengakuinya sebagai tindakan Genosida yang dilakukan secara sistematis. 

          Genosida Armenia merupakan tindakan pembersihan etnis Armenia yang dilakukan oleh pemerintah “Turki Muda” dari Kekaisaran Ottoman 1915-1916 yang mengakibatkan Satu setengah juta orang Armenia dibunuh dari total dua setengah juta orang Armenia di Kekaisaran Ottoman Turki. 

        Jumlah korban tewas pada umumnya karena dibunuh atau meninggal karena kelaparan atau penyakitsetelah Turki Ottoman memaksa mendeportasi secara massal orang-orang Armeniadari Anatolia timur (Turki) ke padang pasir Suriah dan tempat lainnya pada tahun1915-1916. Tindakan genosida ini dilatar 


  3. Tragedi Gunung krakatau

            Bencana terbesar di Indonesia dan bencana alam terdahsyat di dunia ini mungkin tak asing lagi bagi sobat super.
           Indonesia tidak akan pernah bisa melupakan tragedi kelam keganasan alam, meletusnya gunung krakatau pada 26-27 Agustus 1883. Sebanyak 36 ribu orang tewas dan alam kelam.







        Gunung yang terletak di Selat Sunda dan diapit oleh Pulau Jawa dan Sumatra, memiliki tinggi 813 meter. Pada 126 tahun silam, suara letusan Krakatau terdengar sampai ke Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, 4,653 kilometer bahkan suaranya didengar oleh 1/8 penduduk bumi saat itu.






          Ledakan gunung Krakatau saat itu, diperkirakan lebih besar 30 ribu kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan nagasaki dan Nagasaki 



  4. Tragedi Hiroshima dan Nagasaki








              65 tahun yang lalu, untuk pertama kalinya bom atom di dunia diledakkan di atas ribuan kepala warga Hiroshima dan nagasaki Jepang.  Setelah bom tersebut meledak, tiga dampak desktruktifnya mulai terlihat jelas. Pertama, energi panas yang tersebar menyelimuti kota Hiroshima dan nagasaki dan sekitarnya dalam radius satu kilometer menjadi bak bara api. Kemudian terjadi pemanasan hingga jutaan derajat yang berlangsung dalam hitungan detik. Dalam radius satu kilometer segala sesuatu menjadi abu. Sedang pada radius empat kilometer, bangunan dan manusia terpanggang api. Pada radius delapan kilometer, manusia dan bangunan mengalami luka bakar parah. 







               Setelah itu, muncul gelombang ledakan dengan kecepatan 1.000 kilometer perjam pada radius dua kilometer yang menerbangkan segala sesuatu. Dari 90 ribu bangunan di kota Hiroshima dan nagasaki, 62 ribu bangunan hancur lebur. Tiba giliran dampak negatif ketiga dari ledakan bom yang terjadi pada tahun 1945. Dampak itu hingga kini masih belum terkuak secara detail. Dampak buruk radiasi radio aktif dari bom atom menyebabkan kanker dan berbagai penyakit darah.






             Bom atom yang membumihanguskan kota Hiroshima dan nagasaki memiliki kekuatan setara dengan ledakan 13 ton TNT. Ledakan bom tersebut menewaskan  550 ribu warga Hiroshima dan nagasaki dan menciderai 200 ribu orang lainnya yang kebanyakan akhirnya tewas setelah bertahan hidup beberapa hari. Selain itu, ledakan bom tersebut menyebabkan penderitaan ribuan warga Jepang yang harus merasakan derita penyakit kanker dan penyakit lainnya akibat radiasi atom yang mematikan. Sebagian korban yang selamat menderita penyakit akut yang harus dirasakannya selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Belum lagi, beberapa tahun setelah terjadinya tragedi ini ribuan anak cacat terlahir di Hiroshima dan nagasaki dan harus merasakan penderitaan sepanjang hidupnya.



  5. Tragedi Chernobyl

            Ditempat ke 5 mungkin juga cukup populer dan membuat masyarakat menjadi resah dan serba gelisah terhadap nuklir. nih dia sobat super, Petaka yang menghantui Ukraina ini berawal pada 26 April 1986, yakni ketika satu dari empat reaktor nuklir di pembangkit listrik Chernobyl, di utara Ukraina, meledak.

    kota chernobyl, kini menjadi "kota mati"
         Dua puluh satu tahun lalu, tepatnya 26 April 1986 di Pripyat, sebuah kota berpenduduk 50.000 jiwa raktor nomor empat di Pembangkit Listrik Chernobyl meledak. Tigapuluh orang langsung tewas dalam ledakan dan kebakaran tersebut. Reaktor ini terbakar selama sepuluh hari dan mengkontaminasi sekitar 142 ribu kilometer persegi di utara Ukraina, selatan Belarusia dan wilayah Bryansk di Rusia. Dan inilah kecelakaan nuklir paling buruk di dunia. 

              Partikel akibat ledakan itu mengandung radio aktif 400 kali lebih banyak dari ledakan bom atom Hiroshima dan nagasaki dan memaksa sepertiga juta orang mengungsi dari kediamannya serta menyebabkan epidemic kanker tiroid (gondok) pada anak-anak. Biaya kerugian ekonomi, kesehatan dan pembersihan kompensasi, dan kerugian produktivitas meningkat berlipat-lipat dalam miliaran dolar. Perkiraan awal bahwa ratusan atau ribuan orang akan tewas akibat bencana itu, memang tak terbukti. Tetapi kerusakan genetis akibat bencana itu perlahan akan menimbulkan efek negative. Prakiraan dari pihak berwenang tahun lalu menyatakan bahwa kanker yang dipicu Chernobyl akan menewaskan 4000 jiwa.


  6. Tragedi Gedung WTC





    Serangan 11 September (disebut September 11, September 11th atau 9/11),adalah serangkaian empat serangan bunuh diri yang telah diatur terhadap beberapa target di New York City dan Washington, D.C. pada 11 September 2001. Pada pagi itu, 19 pembajak dari kelompok militan Islam, al-Qaeda, membajak empat pesawat jet penumpang. Para pembajak sengaja menabrakkan dua pesawat ke Menara Kembar World Trade Center di New York City; kedua menara runtuh dalam kurun waktu dua jam.

    Pembajak juga menabrakkan pesawat ketiga ke Pentagon di Arlington, Virginia. Ketika penumpang berusaha mengambil alih pesawat keempat, United Airlines Penerbangan 93, pesawat ini jatuh di lapangan dekat Shanksville, Pennsylvania dan gagal mencapai target aslinya di Washington, D.C. Menurut laporan tim investigasi 911, sekitar 3.000 jiwa tewas dalam serangan ini. 


  7. Tragedi Manusia Kanibal demi Kepuasan dan Seks

         Agak sedikit miris bagi sobat super, tapi ini benar benar terjadi. Seorang pria paruh baya bernama chikatilo sanggup melakukannya seolah tanpa dosa. Masyaallah ! Di negaranya Ukraina, Chikatilo terkenal sebagai pelaku pembunuhan serial dengan korban yang mencapai 50 orang lebih dan semuanya dimutilasi. Dia bukan hanya memutilasi korban, tapi sebelumnya para korbannya diperkosa terlebih dahulu. Seperti manusia sadis lainnya, dia pun memakan semua korbannya.

           Dia mengaku merasakan kenikmatan yang amat sangat setelah memakan para korbannya itu. Dia mengatakan, motif perbuatannya hanya demi kepuasan seks semata. Kisah hidup Chikatilo dan rentetan perbuatan sadisnya ini, ibarat mimpi buruk bagi setiap orang. Dia mengatakan, membunuh adalah kesenangannya.’Hobi’nya itu akhirnya berhasil dihentikan polisi Rusia yang sekaligus menghentikan petualangan mautnya. Konon upaya pengungkapan kasus Chikatilo merupakan salah satu operasi terbesar polisi Rusia sepanjang sejarah kepolisian negara itu. Chikatilo dieksekusi di Rostov pada 14 Februari 1994.


  8. Tragedi termahal

            Nah kalau yang terakhir ini masih dari dunia laka lantas yang tergolong termahal. Bayangin aja deh sobat super waktu melihat Delapan unit mobil Ferrari, tiga unit mobil Mercedes-Benz, satu unit Lamborghini dan dua mobil lainnya bertabrakan di perfektur Yamaguchi, Jepang selatan. Ya ampun.. ntuh mobil atau mainan kalik yah... Mending kasi ke dytra satu, hehe :D
               tapi itulah yang terjadi pada 21 januari 2012 yang lalu, Kecelakaan beruntun sejumlah mobil mewah di Jepang ini merupakan salah satu tabrakan mobil termahal dalam sejarah. Tak seorang pun mengalami luka parah selain 10 yang mengalami luka ringan dan telah mendapatkan perawatan di rumah sakit setempat.
    Nah sobat super itu semua yang admin punya untuk artikel yang seram, miris dan fresh ini. Semoga bisa menjadi referensi sobat super dan menambah wawasan dan semakin meningkatkan iman kita



    "Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi sering kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita." ~ raditya dika (novelist favorit admin)


0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.